Mau ngeluh

Di hari yang sama saya perlu ngambil barang saya yang sangat penting yang ketinggalan di grabcar, kuliah yang cuma satu matkul sehari tapi penting, dan hadir di dua appointment. Dan semuanya di waktu yang bersamaan pula.

Kamu tanya kenapa barangnya bisa ketinggalan, bodoh?
Waktu itu saya lagi nemenin ibu saya pulang abis dirawat enam hari di rumah sakit, mobil ayah saya lagi gak bisa dipake, ayah dan kedua kakak saya entah di mana. Jadi saya yang abis enam hari nemenin ibu saya di rumah sakit, yang saya lakukan dengan senang hati karena dari rumah sakit - kampus jadi jauh lebih deket jadi saya gak masalah, harus nemenin dia pulang juga jam 10 malem pake grabcar. Sebelum masuk mobil saya udah bete sama pak grabcar karena dia bawel, udah gitu ibu saya suruh bapaknya lewat tol aja dan dia malah baget mau lewat jalan biasa katanya udah lancar jam segini. Saya gak ikutan debat karena begitu masuk mobil saya tiba-tiba ngantuk berat dan capek dan pusing, karena hari itu saya abis kuliah juga dan sempet kehujanan di grabbike. Akhirnya kita lewat jalan biasa. Dan ternyata boro2 lancar, di Lebak Bulus macet gak gerak dan saya bener2 gedeg sama bapaknya. Pembohong banget bapaknya, tapi baru hari ini saya tau ternyata bapaknya bukan tinggal di Jakarta, pantesan dia sotoy. Akhirnya ibu saya bilang lagi lewat tol aja, baru deh dia nurut. Nyampe rumah saya gak bisa ngomong apa2, abis nurunin barang saya langsung masuk kamar, siap2 tidur, dan terus tidur. Saya gak sadar kalo ada yang kelupaan, baru sadar dua hari setelah kejadian. Coba. Bodoh gak? Iya bodoh. Bagi saya itu bodoh banget, soalnya jadi ngerepotin diri sendiri.
Akhirnya saya telepon bapaknya dan janjian ketemu di pagi hari ini.

Kuliah.
Saya kuliah dari hari Senin - Jumat. Yang nyebelin adalah Rabu saya cuma satu mata kuliah tapi Kamis saya ada 4 mata kuliah. Which means hari ini saya harusnya kuliah dari pukul 9:30 sampe 12:00.

Dua appointment yang saya sebut tadi itu gak bisa saya hadir dua2nya karena jam appointment yang sama, saya harus ngorbanin salah satu untuk dateng ke yang satunya lagi. Bisa dibilang saya mainin konsep opportunity cost di sini, karena saya harus milih yang mana yang kira-kira akan lebih menguntungkan untuk saya. Malemnya saya mikir keras, paginya saya menentukan.

Dimulailah hari saya.
Saya baru tidur pukul 1:30 pagi karena harus menyiapkan segalanya untuk paginya, saya akan bertransformasi jadi wonder woman yang harus jadi super smart. Alarm saya udah nyala dari pukul 3:30 tapi saya belum bangun juga, saya kayak orang pingsan. Saya bangun pukul 9:00. Langsung siap2, dan kesel sendiri karena saya harap saya punya kloningan diri sendiri saat itu. Saya gagal ketemu bapak grab karena dia ngajak ketemuannya super pagi. Dia mungkin gak tau saya bukan wonder woman beneran. Yang bikin kesel lagi saya harus relain kelas kuliah saya untuk appointment yang udah saya janjikan. Berangkatlah saya ke daerah Palmerah, saya naik transportasi umum yang makin saya tua bukannya makin murah malah makin mahal. Makin nyekek uang bulanan saya yang kadang gak nyampe awal bulan lagi udah tiris.

Sampe di tempat appointment, gak nyampe 30 menit saya duduk, baru ngobrol paling 3 menit, saya pulang. Iya pulang. Saya duduk dulu, bernapas. Saya lupa napas sejak satu jam yang lalu. Ada sih rencana ketemu Tuhan, tapi saya belum mau mati saat itu. Mati itu mau gak mau sih, tapi ya kalo masih bisa hidup kenapa pengen mati. Saya ngobrol lagi sama orang, saya dapet informasi, saya juga kasih informasi. Tapi sayang saya gak nanya nama mbaknya. Setelah napas saya udah bener saya pulang. Saya kena puyeng mendadak di jalan. Saya pengen ketawa yang keras sampe dikira orang gila. Tapi alhamdulillah saya masih peduli sama diri sendiri, gak mau dikira orang gila beneran ah.

Akhirnya saya di sini. Sekarang. Sendirian. Duduk. With pack of cigars. Dan nulis ini. Jajan juga gak di sini. Numpang duduk sama ngeblog aja. Saya udah gak pegang uang lagi, tapi mau pulang juga saya gak ada niat. Di rumah paling saya ngapain sih. Mending di sini ketauan lagi mikir.

Iya mikir.
Kenapa hari ini baru berjalan setengah hari tapi saya ngerasa kayak udah seharian?
Saya mau ke tempat ibadah yang bisa duduk, manguin wajah saya, terus nangis. Abis nulis saya mikir gitu. Tapi saya malu sama Tuhan, lah saya ngeduluin ngeluh di blog kok daripada ngeluh sama Dia. Dan lagi saya pengen nangis daritadi tapi kayaknya air matanya udah kering buat sekadar capek. Capek apaan sih paling? Kehidupan? Kuliah? Apa sih biasanya capeknya manusia? Udah kebanyakan nangis saya. Jadi mau ngeluarin air mata sekarang harus ngeden kayak mau beol. Capek juga kan. Mending gak deh, daripada saya ambeien. Tapi apa ya yang bisa dilakuin selain nangis dan pasrah sekarang? Musti semangat lagi tapi vibes saya lagi drop banget.

Saya juga ngerti yang saya lakuin dari kemarin sampe sekarang ini bisa jadi proses pendewasaan, biar ngerasain jadi orang dewasa kayak apa. Dan komentar saya, gak enak. Saya mau jadi anak kecil aja selamanya. Saya mau hidup enak. Gak mau mikirin yang susah2. Tapi gimana mau seneng ya kalo gak susah dulu, gak ada rumusnya tuh kayak gitu.

Sekarang saya gak tau mau ngapain. eh tau deng.
Saya mau nulis pake tangan gak tau nulis apa sampe tangan saya sakit. Saya mau ngetik gak tau ngetik apaan sampe keyboard nya copot2. Saya mau jogging sampe saya ngos2an mau mati tapi saya gak mau berhenti. Saya mau joget2 sampe pusing sendiri. Saya mau milihin baju buat idola2 saya biar mereka makin ganteng sama cantik. Saya mau berdiri ngeliatin sesuatu sampe saya bosen.

Ya udah gitu aja.

Comments

Popular posts from this blog

마지막 The Last - Agust D (Min Yoongi/Suga)

That's okay // Tidak apa-apa

the art of living together