Jadi Wasit

ALOHAAAAAA
gila terakhir ngepost 15 agustus loh lama juga yah
dari 15 agustus sampe hari ini (20 september) gue lagi penuh hasrat buat nulis sebenernya, berkali-kali pengen buka laptop, tapi ya gitu, bukannya sok sibuk, tapi emang beneran sibuk. nanti deh gue ceritain. sekarang gue mau cerita yang bener-bener fresh di otak gue, takutnya keburu lupa wkwk.

jadi beberapa bulan lalu, gue berpartisipasi jadi panitia acara bem fakultas gue, psycho connected 2017. gue divisi PDD, sub-divisi L.O bidang olahraga futsal. singkat cerita gue nge-L.O-in anak kampus MH. Thamrin, jadi gue bertugas ngurusin administrasi mereka, nemenin mereka, dan semacamnya dari sebelum dan selama acara. gue kenalan sama Yusuf namanya, dari Yusuf gue kenalan juga sama Amri. dan gue belom izin pake nama mereka di sini... nggak apa-apa ya Suf, Mri :) #sokkenal.

gue rapat psycho connected itu baru 2 kali apa ya dari sekian rapat, soalnya jaman-jamannya rapat itu gue lagi kerja di kedai kopi (iya tar gue mau cerita soal ini!!) jadi gue nggak bisa bebas bolak-balik kampus. tapi alhamdulillah koor divisi gue sangat pengertian, walaupun gue tau yang lain juga punya urusan masing-masing, tapi gue mengusahakan semampunya supaya kerja sama kepanitiaan nggak bentrok-bentrok banget kok. pertama dateng lagi itu pas TM, gue ketemu panitia lainnya dari berbagai divisi lagi, ketemu anak MH. Thamrin-nya, ketemu subjek yang tugasnya gue pampang jadi judul post ini.... HEHE.

pas TM nggak ada apa-apa sih sebenernya. gue juga belom ngeh benul dengan eksistensi wasit futsal nya. cuma yang gue inget dia pake batik, dandanan macem mau kondangan, kurang gandengan aja. ASTAGA. malah gosip.
dan pas ketemu anak Thamrin nya juga gue seadanya sih, fokus ke administrasi mereka aja, soalnya pas TM gue ngantuk berat, paginya baru balik kerja jam 1an apa yak.

gue curhat sedikit ya.
nih dari jaman sebelom TM ampe TM ampe acara ampe kelar acara gue gedeg banget sama anak Thamrin. karena apa? karena gue dipanggil "MBAK" ish benul-benul nggak suka. gue udah bilang panggil nama aja, atau 'kak' kek seenggaknya. gue juga manggil mereka suka reflek 'kak' kebiasaan pas kerja. tapi mereka tetep manggil gue 'mbak'. fyi gue nggak suka banget dipanggil mbak sama siapapun, kadang customer (eh mantan customer deng hiks) di kedai kalo manggil mbak gue pelototin. HAHAHA galak benul ya :( tapi kalo dipanggil mbak tuh RASANYA GIMANAAAAAA GITU. intinya nggak suka. cuma ya karena Thamrin dan aku ditakdirkan bertemu dan bercengkerama, nggak mungkin dong gue pelototin mereka selama acara, bisa loncat bola mata ku. huft.

balik lagi.
skip ke hari acara yak.
acaranya itu dua hari, tanggal 19 - 20 september. kalo team yang gue pegang menang di hari pertama, hari kedua diadu lagi, sampe semi final, sampe final. eh apa daya Thamrin gugur di hari pertama. MEREKA UDAH BAGUS KOK MAINNYA. mungkin efek L.O nya yang kurang semangat, kurang pom-pom, kurang joget, aduh ribet benul jadi L.O? -_- nggak lah. ya mungkin belom momentnya gais. semangat ya Thamrin!
gemasnya sama Thamrin itu di hari pertama adalah saat official mereka tiba-tiba nambah satu dan gue suruh masukin jadi penonton dulu, dan penonton itu bayar. eh official nya ngambek... akhirnya gue yang ngeusahain ke bagian pintu masuk supaya duitnya dibalikin karena dia official. maafkan saya ya Bayu... #kalonggaksalahnamanyaitu #kalonggaksalahyaberartibenul. terus ada nih satu orang abis tanding nyuruh gue duduk di samping dia padahal gue maunya ngobrol sama official, gue kira mau ngapain ya eh wanjer minta nomor telepon. ya inilah suka duka menjadi L.O. gue nggak kasih dong nomor gue wkwk tapi gue bilang itu si Yusuf udah punya contact gue minta aja ke doi. sepertinya nggak denger dia, gue langsung bilang makasih dan kabur. eh di cak in. siyal.

setelah mereka kalah dan pulang, gue duduk bareng panitia lain, tepatnya bersama Fuji. awalnya nggak merhatiin pertandingan, karena basicly gue nggak suka sepak bola, apalagi futsal, gue benci banget sama fakta bahwa gue bersemayam di suatu tempat, disuruh nontonin orang rebutan bola, dengan ancaman KEGEBOK. huft. coba?!
tapi mukjijat pun terjadi.
setelah beberapa lama gue ngobrol sama Fuji, gue memutuskan memperhatikan permainan. gue udah berayat-ayat nih dalam hati, kalo kegebok, gue mau gebok balik. bodo amat.

yang pertama gue perhatiin adalah tentunya para kaki pemain yang rebutan bola nya ala-ala bringas dan haus kasih sayang. gila, itu nyampe rumah nggak pada memar apa? gue dulu taekwondo sekali-kali ngadu tulang kering langsung biru. lah mereka sengaja dipentok-pentokin demi sebuah benda bulat itu. aku pun terkagum.....
yang kedua baru gue asik melototin bola karena setiap gol kok vibes nya jadi hype banget. hepiiiiii banget kayaknya.
yang ketiga gue ngafalin muka-muka pemain tertentu. ada yang bringas. ada yang sok keren. ada yang santai-santai menikam. ada juga yang mainnya ampe glesor-glesor dan harus siap kegebok atas bawah alias kiper. sampe gue mulai sok-sok menafsirkan cara main mereka. dan gue mendapat faedah di hari itu... ternyata
.
futsal
.
seru. :')
maafkan saya wahai para penikmat sepak bola/futsal.
btw serunya kalo nonton ya, nggak main. nggak usah. gue dendaman, kalo nonton digebok aja mau gue bales gebok. apalagi kalo main, tar bola gue direbut gue bete -_-

nah selanjutnya yang gue perhatiin itu wasit.
nah.
ini.

bukan, bukan karena ganteng.
.
.
ya dikit lah.
.
.
iya iya ganteng benulan T_T

emang dua-duanya nggak bisa dibilang jelek. yang satu tinggi, bahunya lebar, putih, mukanya mendekati tampan, rambutnya rapih. yang satu lagi walaupun lebih pendek, tapi senyumnya manis benul.
gue merhatiin mereka ya pas lagi ngewasit. gue nanya-nanya gitu ke Fuji kalo mau jadi wasit ada akademi khusus apa nggak, apa bebas aja gitu, apa gimana. kata Fuji iya ada pelatihannya, nggak boleh sembarangan soalnya harus ngerti futsal, garis-garis, aturan, dan lain-lain. gue kayak "wah.. ada loh ternyata yang mau jadi wasit sampe harus ada pelatihan khusus gitu." gue kira gampang ya jadi wasit. anjir, nggak sama sekali woi.

gue perhatiin nih. mereka nggak bisa diem, ke mana bola bergulir mereka ikutin, bulak-balik pinggir lapangan, harus liat jam, harus detail maksimal ngeliatin pelanggaran-pelanggaran, niup pluit yang bunyinya khan maen (keras benul oi). gue sampe bilang sama Fuji, ada nggak ya wasit yang pas bola nyamperin dia, eh dia khilaf malah nyaut bola dan ikut main. alhasil saya dihujat Fuji. :)
setiap mereka niup pluit tanda pelanggaran, mereka ngasih tau ke orang nya pake senyum. pake gerakan tangan supaya orangnya sedikit mundur dan tangan lainnya dipake buat nunjuk-nunjuk di mana kesalahannya dibuat, dan diperagain kesalahannya seperti apa, baru kasih sanksi.
dan gue langsung berkaca.
selama ini kalo gue lagi negur orang kayaknya nggak pake senyum, nggak sesabar itu, nggak seterkontrol itu. padahal yang mereka tegur itu orang-orang yang adrenalinnya lagi tinggi. tapi dengan jarak sedekat itu mereka ngasih taunya masih baik-baik. siapa tau dalem hati mereka juga bete?

di hari pertama itu yang bikin rusuh cuma satu jenis suporter, semangatnya sangat meluap-luap, sampe satu gor rame benul. cuma yang panitia takutkan malah mengundang hal-hal yang tidak diinginkan kaaaan. pemain yang disemangatin juga, gila sih, mainnya bat-bet-bat-bet benul. cenderung kasar. gue yang ngeliat sampe uget-uget sendiri.
eh tapi menang.
mukjijat.
.
.
sial.

hari pertama aja udah begitu bisa bayangin dong hari keduanya gimana?
untung panitia pinter. diketatin sama diribetin biar mereka ngikutin regulasi dan nggak mengundang kerusuhan. satu hal teratasi nih.
EH.
WOI.
PADA SUATU KETIKA,
tiba-tiba wasit kena jotos dari belakang.
sama siapa coba?
untungnya bukan si biang kerusuhan, mereka kalah sebelum semi final, untungnya. (di sini gue bener-bener mikir. karena ternyata Tuhan itu adil. yang mainnya kasar ketemu yang mainnya alus. padahal suporternya 1:10. eh 5 -2. ya udah. nggak apa-apa. semangat ya!) btw gue kedengeran ocoi banget nggak sih? kayak udah ngerti benul sama futsal sok-sok kasar-alus. cih.

jadi di semi final. sebut saja IBU ketemu BAPAK. dan OM ketemu TANTE.

IBU vs BAPAK
gue udah tau nih pasti IBU bakal ngomel-ngomel. gue udah merhatiin satu pemainnya, sebut saja Dumel, dia selaluuuuuuuuuuuuuu protes kalo wasit pluit pelanggaran, sampe dia ngasih gesture wasit (yang senyumnya manis) gila..... COBA LU BAYANGIN. wasit nya dibilang gila?! ya Tuhan susah-susah jadi wasit dibilang gila. benul-benul wkwk. tapi gue perhatiin juga si wasit-senyum-manis rada ragu gitu loh ngambil keputusan, dia sempet ngomong gitu "gue ragu, gue ragu" sambil senyum-senyum. sebel nggak sih lu? ragu aja manis.
et dind.
makanya si IBU ini makin menjadi-jadi, apalagi si Dumel. iya, yang ngatain manis ku gila :'D sampeeeeeeeeee akhirnya pertandingan berakhir dan BAPAK menang. si BAPAK ini keren deh, mereka fairplay banget, alus, santai, dan kompak. dan suporternya SANGAT TERTIB tapi tetep rame dan seru, pada duduk tapi semangat-semangat. keren deh pokoknya. pas si BAPAK menang. Dumel cs pada nimbrungin wasit-senyum-manis, wasit-hampir-tampan di luar timbrungan dengan tangan dalem kantong celana dan senyum-senyum sok keren. entah faedahnya apa. ada satu temennya si Dumel dia maju-maju kayak ngomel gitu kalo dia nggak salah, padahal nih dua-duanya udah sama-sama ditarik eh si wasit-senyum-manis nyamperin dengan tetap tersenyum dan ngasih gesture "ayo sini kenapa, ada apa, jelasin sama saya, saya salahnya di mana" masih dengan senyumnya ituloh. kalo gue yang digituin kayaknya "nggak kok. kamu benul. aku yang salah. maaf ya" JIJIK OK.
abis Dumel cs ngomel, wasit-senyum-manis menjelaskan pelan-pelan.
EH
TIBA-TIBA
TEMENNYA DUMEL CS YANG LAIN
NOJOS WASIT-SENYUM-MANIS
DARI BELAKANG PULA

WAH ANJENG
NAIK PITAM GUE

nggak, gue nggak maju. gue duduk manis. keamanan yang maju.

TAPI TETEP AJE
TIBA-TIBA GALAK DIE
SEJAK KAPAN JADI RING TINJU TUH LAPANGAN NYET?

untungnya wasit-senyum-manis langsung ditarik kiper (amazingly kipernya si IBU tadi) mungkin dia ngerti, temennya yang nojos itu udah hilang akal :) terimakasih loh
baru deh official nya si IBU ngajak ngobrol wasit-senyum-manis. wasit-senyum-manis nyamperin meja panitia dengan ngomong "ada kok peraturannya nih kita liat ya di buku" si wasit-hampir-tampan ngintil sambil ngikut baca buku nya. cari halaman dkk. si John Cena dadakan bilang "gue tunggu ya. gue juga wasit soalnya"
waduh
iya bang
makan bang
wkwk

dan btw abis itu John Cena dadakan digeret keluar gor sama keamanan, diusir kating gue yang divisi acara, eh kating gue dibentak dong, cewek loh -_- udah lengser kali ya otak doi. akhirnya sama kating gue dibentak disuruh keluar. keluarlah dia. mungkin dia butuh udara.
atau siapa tau butuh gas racun, hubungi gue aja.
nggak deng.

nah pas wasit-senyum-manis masih bolak-balik buku, romannya sih tuh peraturan kaga ketemu. dia ngambil hp mencoba menelepon seseorang. si wasit-hampir tampan udah telepati kayaknya "nggak ketemu nih bro" untung official nya keluar dulu nenangin pitik-pitiknya. gue nggak ngerti sih akhirnya gimana. tapi semi final berikutnya udah harus mulai dan orang-orangnya udah masuk lapangan. mungkin supaya nggak buang waktu lebih banyak lagi. yaiyala bro, mau tanding nih bro, masa nungguin orang ribut dulu.

pas pertandingan OM dan TANTE mau mulai tiba-tiba IBU masuk dan salah satu Dumel cs ke tengah lapangan nyampering wasit. DEMI APAPUN GUE UDAH ANGKAT PANTAT, ngeri wasit gue dijotos lagi. eh ternyata nggak kok. dia mau minta maaf ternyata...
EMEJING
si John Cena dadakan udah neriakin temennya itu kayaknya mau bilang entar aje gitu pertandingan udah mau mulai kaga enak ganggu. eh temennya dengan segenap hati tidak mendengarkan dan berjabat tangan lalu memeluk wasit.

AKU TERHARU
sedangkan Fuji, "cowok sih ya, kalo berantem gampang baikannya, coba cewek. 'ogah ah nggak sudi gue minta maaf'" wkwkwk

akhirnya se IBU-IBU nya nyamperin wasit buat jabatan dan peluk persahabatan. iyalah. kalo peluk romantis atuh salah ruangan. nah si John Cena dadakan meluk erat si manis ku. alhamdulillah hanya kekhilafan semata.

setelah itu kan istirahat dulu tuh sebelom mulai lagi. si wasit-senyum-manis gue intilin pake ujung mata. dia langsung masuk kamar mandi. terus wasit-hampir-tampan melihatnya dan langsung mengejar dia.

inikah yang dinamakan cinta?
Dinda pun terharu melihatnya.

pokoknya muka si wasit-senyum-manis KUUUUUSSSUUUUTTTT BANGEEETTTTT lebih kusut dari idup elu. gue berkali-kali curi pandang, mau nyamperin kasih aqua. soalnya kasih sayang takut ada yang punya.

mandi dind, mandi.

keluar kamar mandi dia mukanya basah gitu kayaknya sih abis cuci muka, kusut soalnya :( si wasit-hampir-tampan juga basah mukanya.

gue -> membayangkan perbincangan mereka di dalem kamar mandi
w-s-m "gue kusut"
w-h-t "santai bro. udah biasa kayak gitu"
w-s-m "gue hampir gagal jadi wasit"
w-h-t "nggak lah bro, ayo dong semangat bro"

giling kan kekuatan imajiner gue.

dia mojok di kursi dia which is di atas barisan kursi gue. senderan. tatapan kosong. gue ingin mengutuk Dumel cs sekali lagi. jadi kesel lagi gara-gara ngeliat wasit-senyum-manis bete begitu.

OM vs TANTE
kalo mereka sih sebenernya nggak mendadak ring tinju lagi sih. cuma gue perhatiin si OM ini ada satu pemain yang jago, mainnya santai tapi gercep, bagus deh mainnya. cuma di semi final dia nggak main, diganti sama si Cebol. and I find Cebol so fucking rude. kenapa? di tengah-tengah permainan dia nyinyir banget woi. "woi wasit" "jangan takut sama wasitnya" "wasitnya aja takut sama pemain" PADAHAL DIA UDAH NGGAK LAGI MAIN GITU lagi ganti orang. sambil duduk dia menyinyir ih pengen gue gruwes tuh bibir. dia si Dumel versi bibir "dower" fix.
tapi Tuhan Maha Adil.
pas pluit permainan selesai, si OM kalah. eh official si OM ternyata ngitungin lama pertandingan berjalan pake stopwatch hp dia. langsung nunjukin ke antek-anteknya, lagi-lagi si nyinyir "wah ketauan nih wasitnya ketauan!' nargetin wasit-senyum-manis karena doi emang udah kusut benul mungkin sengaja biar makin panas. et bibir benul-benul ya :(
mereka ke tengah gitu nyamperin wasit-hampir-tampan, si wasit-hampir-tampan nyamperin juga (udah nggak pake senyum, yaiyalah capek bor udah dua hari jadi wasit loe pikir ae ndiri) sambil "kenapa? ada apa?" pas tau dia mau dihakimi, dia langsung ngasih liat jam tangannya (yang dipake buat ngitung lama pertandingan deh kayaknya) eh abis liat itu MUNDUR DOOONG wakakakakaak.

kicep.
mampus.

soalnya itungan di jam nya bener kayaknya deh. hp dia aja yang bapuk stopwatch nya :(

kalah deh. balik ke tribun.
wasit-wasit ku sudah kelelahan, kelaparan, lepeque, dan mentalnya tergoyah. padahal mau final. si wasit-hampir-tampan udah ngeliatin temennya doang sambil sok keren gitu gayanya, kayak "yah temen gua" eh abis itu doi jajan cilok. BHAY. wkwk.
abis jajan dia nyamperin timetable ngobrolin soal final gitu, kayak minta sesuatu yang gue nggak denger apa. sambil makan cilok dan tawa-tawa. ya udah nggak apa-apa. mungkin dia lelah.

wasit-senyum-manis masih bete di pojokan :(

btw finalnya alhamdulillah lancar jaya sampe akhir acara. si BAPAK sama TANTE nggak rusuh, suporternya tertib dan kerasa banget pertandingan persahabatannya. pemenangnya si BAPAK yang gue bilang suporternya tertib bangeeett, dan emang mainnya bagus juga sih. selamat yaaaa buat BAPAK yang adalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh....

IPWIJA!!
yaaay selamat yaaa!!

ok balik lagi.
intinya,
ternyata sesulit itu jadi wasit gais. percuma tuh senyum semanis apa juga. kalo pemain macam Dumel cs dan si Cebol gitu pusing juga. padahal udah bae-bae dijelasin, udah se fairplay mungkin, susah loh ngikutin bola multitasking ngeliat itu pelanggaran apa bukan. jadi tolong dong.. kalo nggak bisa baik-baik ya seenggaknya nggak kasar gitu :( ada juga sih wasit yang mungkin nggak fairplay, tapi keliatan lah kalo yang kayak gitu ya nggak sih? lagian wasit gue mau diapain sih supaya curang? mereka mau jadi wasit di event anak kuliahan begini aja alhamdulillah benul. ya namanya kerja oi. mungkin efek adrenalin juga sih, tapi coba deh lu bayangin jadi wasit.
kalo wasitnya nggak bisa jaga emosi kayaknya tiap lapangan udah ada pertumpahan darah dah.
ternyata mereka nggak cuma dilatih buat jadi wasit yang bener. tapi juga jadi manusia yang bener. yang bisa mengontrol keadaan di sekitar mereka mulai dari mengontrol diri mereka sendiri dulu. yang gue takutin sih sebenernya efek ke depannya. kalo abis dihujat, dinyinyir begitu dia jadi kehilangan percaya diri gimana? ya itu emang urusan dia sih sama dirinya sendiri. kan udah gede juga. tapi woi anjir lu juga bukan anak kecil lagi kali... masa main nggak mau kalah? nggak mau disanksi kalo emang salah?

gue belajar banyak sih. suatu profesi yang selama ini gue kira nggak susah, selalu gue "wasit itu sebenernya buat apasih bikin ketuker aja sama pemain asli", dan selalu gue acuhkan -_- ternyata sulit, penting, dan wajib diapresiasi. seperti yang gue bilang, kalo emang nggak bisa baik-baik ya nggak usah kasar. gitu aja. apalagi nyinyir.

dasar cebol.
#dendam

terimakasih kakak-kakak wasit!
gue nggak tau namanya jadi hahhahahaha maaf ya wasit-hampir-tampan dan wasit-senyum-manis. sukses terus menjadi wasit dan selalu bahagia dan sehat yaaaa :)
semoga nggak kapok jadi wasit acara kami :)

jadi begitu pengalaman berharga gue selama jadi panitia psycho connected. salah satu sih sebenernya. karena kerja bareng temen-temen panitia aja udah pengalaman banget. mendengar cerita CP tentang temen-temen mereka yang ada aja susah diajak kerja sama. temen-temen sepanitia gue nggak sesusah itu, responsif, saling bantu, saling kritik yang membangun, saling saran menyarankan, dan saling menghargai dan bersyukur atas eksistensi satu sama lain. mungkin di lapangan rasanya kerja bareng nggak sesempurna yang gue tulis. tapi di situ justru gue belajar banyak. dulu gue kerja begini cuma sama sisgahana tok, itu juga partner gue cuma 3 biji. susaaaahhh benul percaya sama di luar 3 biji ini, mana ranahnya lebih luas dari tingkatan kami yang sebenarnya lagi (anak SMA). tapi di kepanitiaan kuliah orangnya lebih banyak dan susah kalo nggak percaya satu sama lain ternyata.

terima kasih pengalamannya, Tuhan :)
ok begitu saja cerita saya.
sekian dan terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

마지막 The Last - Agust D (Min Yoongi/Suga)

That's okay // Tidak apa-apa

the art of living together